Informasi Terhangat From Netizen

Monclerepaschero.com

Rabu, 16 Desember 2020

Lamanya Waktu Pengiriman Barang Dari dan Ke Luar Negeri

Proses kirim barang ke luar negeri memakan waktu yang tidak sebentar, khususnya bila menggunakan ekspedisi dan jalur pengiriman standar. Berbeda jika ingin gunakan layanan dari ekspedisi atau jalur lebih singkat. Semua tergantung pada layanan dari jasa kirim barang pilihan Anda. Waktu pengiriman ke luar negeri umumnya satu hingga dua minggu. Bila lebih cepat, maupun lebih lama lagi.


Banyak dari kita yang baru pertama ingin kirim barang antar negara dan sering merasa tidak sabar akan proses pengiriman. Perlu dipahami, banyak situasi dan kondisi yang bisa saja membuat proses tersebut jadi lebih lama dari yang seharusnya. Misalnya seperti saat pandemi virus di dunia dan ketika memasuki season tertentu seperti libur natal dan tahun baru.


Memahami Situasi dan Kondisi

Untuk itu Anda harus memahami situasi atau kondisi terbaru yang sedang terjadi. Selain itu ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan dan berhubungan dengan lamanya proses pengiriman, seperti:

1.     Melihat dari Segi Layanan yang Dipilih


Perlu diperhatikan, setiap layanan yang ditawarkan oleh pihak ekspedisi memiliki sistem berbeda dan membuat layanan tersebut bisa memakan waktu yang beragam dalam hal proses kirim. Contohnya, layanan melalui darat dengan udara. Pastinya dari segi kecepatan, melalui udara jauh lebih cepat. Barang akan tiba sekitar satu minggu ke tangan penerima.

 

Banyak pengguna jasa yang sering tidak memperhatikan sistem atau mekanisme dalam pengiriman di setiap jenis layanannya. Sehingga merasa prosesnya kurang cepat atau pun pengirimannya dinilai lambat. Padahal setiap jenis layanan sudah disertai sistem berbeda-beda. Anda bisa tanyakan lebih rinci kepada pihak jasa kirim barang agar tidak salah.

2.     Pahami Kondisi Terbaru yang Sedang Terjadi


Seperti yang sudah disebutkan, ada kalanya paket kiriman harus tertahan atau harus menginap lebih lama di gudang disebabkan kondisi tertentu. Seperti saat pandemi sekarang ini yang membuat banyak jadwal penerbangan dan perjalanan dibatasi. Membuat kiriman barang ikut dibatasi.

 

Belum lagi permintaan pengiriman yang semakin meningkat karena sebagian orang di dunia memilih lebih banyak habiskan waktu di rumah. Pihak ekspedisi pun harus lebih kerja keras untuk membantu para konsumennya mendapatkan barang dalam waktu yang sudah ditentukan.

3.     Kelengkapan Data dan Dokumen Pengiriman


Satu hal yang wajib diperhatikan ialah seputar kelengkapan data atau dokumen pengiriman. Sering terjadi masalah seputar pengiriman antar negara karena dari segi data yang diminta tidak terpenuhi. Mengisi secara asal-asalan pada data barang pun memungkinkan terjadi masalah. Seperti barang ditahan di pihak imigrasi atau bea cukai.

 

Data yang tidak sesuai pun bisa menimbulkan masalah bagi Anda. Apalagi bila barang di dalam paket tidak seperti yang tertulis atau ada barang lain yang sengaja diselipkan. Ini mengapa Anda tidak mungkin bisa menyelipkan barang berbahaya atau yang tergolong tidak diperbolehkan untuk dikirim.

4.     Aturan dan Kebijakan yang Berlaku

Sebelum kirim barang, Anda bisa konsultasikan pada pihak jasa untuk bantu memenuhi peraturan dan kebijakan yang berlaku. Baik dari negara asal, maupun negara tujuan. Masing-masing negara menerapkan aturan dan kebijakan yang berbeda. Walau begitu, tetap ada aturan atau juga kebijakan standar internasional bagi aktivitas impor ekspor.


Jika ingin pengiriman barang lebih mudah dan meminimalisir terjadinya masalah dalam proses kirim, Anda bisa mengandalkan jasa kirim barang berpengalaman yang terpercaya. Terpenting barang kiriman bisa diterima dengan selamat dan aman oleh pihak penerima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar